Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Mekar Asih Transmadoro
Kata Kunci:
Keterlibatan Orang Tua, Penelitian Kualitatif, Pendidikan Anak Usia Dini, Strategi Guru, TK Mekar Asih TransmadoroAbstrak
Penelitian kualitatif deskriptif ini mengeksplorasi strategi guru untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Mekar Asih Transmadoro. Penelitian bertujuan mengidentifikasi strategi efektif dan hambatan yang dihadapi guru dalam membangun kemitraan dengan orang tua. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen dari guru, kepala sekolah, dan orang tua selama Januari hingga Juni 2025. Hasil menunjukkan bahwa strategi kolaboratif, seperti komunikasi terbuka melalui media sosial dan workshop, efektif meningkatkan partisipasi orang tua. Saluran komunikasi seperti WhatsApp dan pertemuan rutin membangun kepercayaan dan tanggung jawab bersama. Keterlibatan orang tua secara emosional dan partisipatif mendukung perkembangan anak secara holistik. Indikator keberhasilan mencakup peningkatan partisipasi, dialog terbuka, dan kemajuan positif anak dalam aspek akademik, sosial, dan emosional. Namun, hambatan seperti keterbatasan waktu orang tua karena pekerjaan pertanian menghambat keterlibatan. Temuan menekankan bahwa upaya kolaboratif dan pendekatan fleksibel memperkuat hubungan guru-orang tua, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Pandelo'e

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



