Peran Serta Mahasiswa dalam Kelulusan Sertifikasi Dosen: Perspektif Pustaka dan Implikasinya bagi Perguruan Tinggi

Penulis

  • Yuyun Tobondo FKIP Universitas Kristen Tentena
  • Atika Novince Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Tentena
  • Fredrik Kawani Program Studi Manajemen, FEKON, Universitas Kristen Tentena
  • Mikhael Balo Program Studi Manajemen, FEKON, Universitas Kristen Tentena

Kata Kunci:

Keterlibatan Mahasiswa, Mutu Pendidikan, Partisipasi Mahasiswa, Penjaminan Mutu, Sertifikasi Dosen

Abstrak

Penelitian ini mengkaji peran serta mahasiswa dalam kelulusan sertifikasi dosen di perguruan tinggi melalui pendekatan kajian pustaka dengan metode kualitatif. Penelitian bertujuan memahami kontribusi mahasiswa, faktor pendukung dan tantangan, serta implikasi terhadap kualitas pendidikan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berperan sebagai agen evaluasi melalui umpan balik konstruktif, meningkatkan transparansi dan kualitas pengajaran dosen. Faktor pendukung meliputi infrastruktur teknologi dan pelatihan evaluasi, sementara tantangan mencakup bias penilaian dan tekanan psikologis. Partisipasi mahasiswa memperkuat sinergi antara mahasiswa, dosen, dan manajemen, membentuk budaya mutu dan karakter kritis mahasiswa. Dukungan institusional seperti kebijakan jelas dan pelatihan diperlukan untuk mengoptimalkan peran mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan teknologi evaluasi, pelatihan keterampilan, dan penguatan budaya organisasi kampus untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-01

Cara Mengutip

Tobondo, Y., Novince, A., Kawani, F., & Balo, M. (2025). Peran Serta Mahasiswa dalam Kelulusan Sertifikasi Dosen: Perspektif Pustaka dan Implikasinya bagi Perguruan Tinggi. Pandelo’e, 5(1), 19–29. Diambil dari https://publikasi.unkrit.ac.id/index.php/Pand/article/view/15

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.