Inovasi Berbasis Teknologi untuk Pembangunan Inklusif: Studi Literatur pada Sektor Pendidikan dan UMKM di Era Digital
Kata Kunci:
Inovasi Pendidikan, Kebijakan Pendukung, Pembangunan Inklusif, Teknologi Digital, UMKMAbstrak
Penelitian ini mengkaji peran inovasi berbasis teknologi dalam mendukung pembangunan inklusif di sektor pendidikan dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital melalui studi literatur sistematis. Penelitian mengidentifikasi dampak sinergis teknologi digital, inovasi pendidikan, dan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan daya saing UMKM dan memajukan pemerataan sosial-ekonomi. Alat digital, seperti platform e-commerce dan otomasi proses, meningkatkan efisiensi operasional dan akses pasar UMKM. Inovasi pendidikan, termasuk program literasi digital dan finansial, membekali UMKM dengan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi. Inisiatif pemerintah, seperti subsidi teknologi dan dukungan regulasi, menciptakan ekosistem yang mendukung transformasi digital. Temuan menekankan perlunya strategi terintegrasi untuk memperkuat infrastruktur digital, program pendidikan kontekstual, dan kebijakan inklusif guna memaksimalkan kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Pandelo'e

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



