Integrasi STEM, STEAM, dan Model Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Matematika Inklusif: Tinjauan Literatur

Penulis

  • Yuyun Tobondo FKIP Universitas Kristen Tentena

Kata Kunci:

Kreativitas, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Matematika, STEAM, STEM

Abstrak

Penelitian ini mengkaji integrasi pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dan STEAM (termasuk seni) dengan model pembelajaran inovatif dalam pendidikan matematika inklusif. Menggunakan metode penelitian kepustakaan kualitatif, studi ini menganalisis bagaimana STEM dan STEAM meningkatkan berpikir kritis, kreativitas, dan sikap positif siswa terhadap pembelajaran. Model pembelajaran berbasis proyek dan masalah terbukti efektif memberikan konteks nyata untuk aplikasi matematika, mendukung keterampilan abad ke-21. Pelatihan guru dan teknologi seperti robotika berperan penting dalam mendukung pendidikan inklusif dengan meningkatkan keterampilan teknis dan pemahaman kontekstual. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kebutuhan kurikulum adaptif masih ada. Temuan menunjukkan potensi STEM dan STEAM menciptakan lingkungan belajar yang merata dan menarik, mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-10

Cara Mengutip

Tobondo, Y. (2025). Integrasi STEM, STEAM, dan Model Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Matematika Inklusif: Tinjauan Literatur. Pandelo’e, 4(2), 1–10. Diambil dari https://publikasi.unkrit.ac.id/index.php/Pand/article/view/5

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.